PENANGANAN KELUHAN TAMU HOTEL
METODE MENANGANI KELUHAN TAMU HOTEL
A.Keluhan Tamu saat Check-in
Apabila tamu langganan datang ke hotel kita dan secara kebetulan keadaan kamar telah terisi semua(fully booked), maka ada beberapa hal yang perlu di lakukan adalah:
-Receptionist meminta maaf, karena kamar sudah habis di pesan oleh tamu jauh hari sebelumnya
-Tawarkan menginap di hotel lain yang setaraf
-Apabila langkah kedua di setujui, maka recepsionist menghubungi hotel yang di maksut untuk memesan kamar
-Berikan fasilitas pengantaran tamu ke hotel yang di tuju menggunakan kendaraan operasional milik kita.
-Berikan harapan kalau kemungkinan bahwa besok di jemput kembali untuk menginap di hotel kita
-Besok harinya di jemput di hotel lain untuk check-in di hotel kita.
-Lakukan prosedur check-in bagi tamu dengan baik, termasuk mengantarkan barang bawakannya kedalam kamar yang di pilihnya.
-Perlu di ingat, jangan berikan tawaran hotel dengan harga lebih rendah atau lebih tinggi dari klasifikasi dengan hotel kita
B.Penanganan Pelayanan Surat Tamu dan Pesan
1.Penanganan surat surat penting
Surat yang di terima setiap hari di beri stamp
Di teliti dan di cocokan dengan nama nama tamu yang tertera di information rack dan atau di dalam computer
Bila tergolong dalam status biasa, surat dapat di tempatkan di rack rak kunci kamar atau langsung di berikan pada tamunya.
Surat untuk tamu yang belum datang/telah meninggalkan hotel atau tidak di ketahui kepastiannya dapat di tangani sebagai berikut:
Reserved guest
surat dapat di letakkan bersama arsip pemesanan kamar.
Check out guest
Surat di kirim ke alamat rumah tamu atau ke alamat yang di kunjungi bila tamu sedang dalam perjalanan
Unknown address
Surat dapat di kirimkan kembali kepada pengirim
Ecpected arrival
Surat dapat di tempatkan pada pre registered card yang pada hari kedatangannya
2.Penanganan Surat Surat Berharga
Persilahkan tamu menyimpannya di safety bar di front office cashier
Persilahkan tamu di safety box di kamarnya pada hari kedatanganya apabila telah di lengkapi fasilitas safety box
Hendaknya tamu mengisi buku ekpedisi penitipan barang baik pada saat menyimpan dan mengambil
3.Penanganan Parsel
Dapat di sampaikan kr concierge atau information untuk di berikan kepada tamu sesuai nama dan nomor kamarnya
Berikan resi penerimaan parsel kepada si pengirim
4.Penanganan Pesan Tamu
# Biasanya di laksanakan oleh petugas informasi atau di kumpulkan di petugas informasi untuk di sampaikan kepada tamu yang di maksud.
# Pesan dari tamu yang menginap untuk tamu yang berkunjung, maka pesan di sampaikan ke staf informasi untuk tamu yang sesuai tercantum namanya
Pesan untuk tamu pengunjung untuk tamu yang menginap,maka tamu pengunjung harus mengisi formulir message form yang ada di informasi untuk di sampaikan kepada tamu yang menginap
# Pesan diterima melalui telepon untuk tamu yang menginap, maka telepon operator mengisi formulir pesan untuk tamu yang di terima selama tamu tersebut tidak berada di tempat /kamar/hotel
Teknik menangani pesan tersebut sebagai di atas adalah sebagai berikut:
Pesan segera di sampaikan kepada tamu apabila tamunya ada dan bersedia menerimanya
Pesan di sampaikan ke tamu dan di sisipkan di bawah daun pintu kamarnya apabila pesan tersebut penting dan tamunya sedang tidak boleh di ganggu
Bila tamunya sedang tidak ada di kamar/hotel , pesannya dapat di simpan di information rack dan di sampaikan ketika tamu datang.
Memberikan tanda khusus kepada telepon kamarnya bahwa tamu tersebut mendapatkan pesan.
C. Penanganan Keluhan Tamu
1.Tipe-Tipe Keluhan Tamu
Genuine Complaint
Keluhan tamu yang terjadi karena pelayanan yang tidak sesuai dengan seleranya, apakah karena kurang ramah, tidak tepat waktu, kurang cekatan, dan makanan tidak enak.
Reguler Complaint
Keluhan tamu yang tidak secara jujur namun sekedar ingin mendapatkan pelayanan khusus/istimewa.
Untuk tamu yang seperti ini agar jangan di ajak berdebat jangan memberikan pelayanan khusus sampai merugikan perusahaan atau tamu lainnya, tetapi cukup memberikan perhatian yang khusus saja.
Comments
Post a Comment